Wapres Ma’ruf Amin Soal Perombakan Kabinet: Kalau Presiden Mau, Pasti Ada Reshuffle

Wapres Ma’ruf Amin Soal Perombakan Kabinet: Kalau Presiden Mau, Pasti Ada Reshuffle

trendingtopic.co.idPIKIRAN RAKYAT – Belum lama ini, Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) diketahui memberikan sinyal terkait dengan rencana perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju. Adapun, pengumuman perombakan kabinet tersebut disinyalir akan terjadi dalam waktu dekat.

Saat ditanya oleh awak media soal isu perombakan kabinet tersebut, Jokowi pun menjawab dengan singkat terkait kapan waktu perombakan tersebut akan dilaksanakan. Namun, jawaban orang nomor satu di Indonesia itu terdengar tidak pasti.

“Besok (6 Januari 2023),” katanya, dikutip pada Jumat, 6 Januari 2023.

“Bisa Jumat, bisa Senin, bisa Selasa, bisa Rabu,” ujarnya menambahkan.

Baca Juga: Live Streaming Indonesia vs Vietnam di Semifinal Piala AFF 2022, Siaran Langsung Hari ini

Sinyal reshuffle Kabinet Indonesia Maju itu pun bukan pertama kalinya disampaikan oleh Jokowi . Pasalnya, sebelumnya, Jokowi juga sempat mengimbau untuk semua pihak menunggu adanya kemungkinan reshuffle .

Keterangan tersebut ia sampaikan ketika meninjau Pasar Tanah Abang Jakarta pada Senin, 2 Januari 2023, lalu.

“Ya tunggu saja,” ucapnya.

Adapun, mengenai perombakan kabinet tersebut, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin pun mengatakan jika Jokowi dapat melakukan reshuffle kabinet kapan saja. Dia menyebutkan bahwa kebijakan reshuffle itu merupakan hak prerogatif dari Presiden.

Baca Juga: Jika MK Memutuskan Proporsional Tertutup di 2024, Pelaksanaan Pemilu Dinilai Bakal Berantakan

Lebih lanjut, Wakil Presiden juga mengatakan bahwa Presiden akan melakukan perombakan jika melihat ada menteri yang kinerjanya kurang baik. Meski demikian, kembali lagi bahwa kebijakan perombakan tersebut adalah keputusan Presiden.

“Soal reshuffle itu adalah hak prerogatif dari presiden, dan presiden kapan saja bisa melakukan reshuffle kalau dilihat, misalnya, ada pembantunya menterinya yang tidak bekerja dengan baik. Saya kira kita tunggu saja,” tutur pria kelahiran Tangerang 11 Maret 1943 itu.

“Nanti masuk semua informasi-informasi, menteri itu kayak begini, menteri ini kayak begini. Itu nanti di tangan Presiden. Tunggu saja. Kalau Presiden mau pasti ada reshuffle ,” katanya menambahkan seperti dikutip Pikiran-Rakkyat.com dari Antara.

Sementara itu, salah satu menteri di Indonesia yaitu Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate, pun turut menanggapi adanya isu soal reshuffle Kabinet Indonesia Maju tersebut. Johnny mengatakan bahwa ia menyerahkan keputusan perombakan tersebut kepada Jokowi .

“Secara pribadi, apalagi kami di sini kan sebagai pembantu presiden, melaksanakan kebijakan dan arahan presiden. Itu sepenuhnya ada di presiden,” ujarnya.

Ia pun menyebutkan bahwa keputusan Jokowi soal perombakan itu nantinya tidak akan terpengaruh oleh pendapat pribadi. Pasalnya keputusan tersebut sepenuhnya berada di tangan Presiden.

“Apa pengaruhnya pendapat yang disampaikan di ruang publik ini untuk keputusan presiden? Tidak (ada). Itu sepenuhnya kepada presiden,” ucapnya.***

error: Content is protected !!