Wagub Jabar Sebut Potensi UKMM Kabupaten Sukabumi Menjanjikan

Wagub Jabar Sebut Potensi UKMM Kabupaten Sukabumi Menjanjikan

trendingtopic.co.id – Wakil Gubernur Jawa Barat , Uu Ruzhanul Ulum menilai potensi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah ( UMKM ) di Kabupaten Sukabumi , Jawa Barat sangat menjanjikan.

Potensi UMKM di Kabupaten Sukabumi disebut bisa dimanfaatkan sebagai percepatan pemulihan ekonomi pasca-pandemi Covid-19.

“Saya sempat meninjau ke beberapa lokasi UMKM perajin makanan ringan tradisional di Kabupaten Sukabumi salah satunya di Kampung Cilangkap Desa/Kecamatan Cikembar ternyata hasilnya cukup menjanjikan hanya memang ada beberapa kekurangan seperti promosi dan perluasan penjualan,” kata Uu seperti dikutip dari Antara.

Menurut Uu, produk kerajinan berupa enye dan keripik singkong yang diproduksi warga Kampung Cilangkap ini ternyata mampu bertahan selama pandemi Covid-19.

Uu mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan terus memberikan dukungan dan perhatian agar produk enye dan keripik singkong terus berkembang dan bisa memperluas jaringan penjualannya.

Ia pun akan turut mempromosikan makanan ringan ini agar keberadaannya bisa semakin dikenal tidak hanya di wilayah Sukabumi saja, melainkan bisa tembus ke pasar nasional.

Uu menyebutkan, salah satu faktor yang membuat perekonomian nasional bertahan pada masa pandemi Covid-19 adalah keberadaan para pelaku UMKM. Oleh karena itu, Uu memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pelaku usaha tersebut yang terus berjuang menjaga perekonomian daerah dan nasional.

“Pemprov Jabar sangat fokus dalam upaya peningkatan UMKM dan kami pun terus berupaya agar produk-produk UMKM di Jabar khususnya di Kabupaten Sukabumi bisa terus berkembang,” tambah Uu.

Uu mengatakan untuk pengembangan sektor usaha ini para perajin pun dituntut untuk bisa terus berkreasi dan berinovasi untuk mengikuti keinginan konsumen. Kemudian memperbaiki dari sisi kemasan serta memanfaatkan dunia media sosial atau internet untuk memperluas jaringan usahanya.

Sementara, salah seorang pelaku UMKM pembuatan keripik singkong dan enye, Apud mengaku tak menyangka bisa kedatangan pejabat daerah ke tempat usahanya. Apud sempat berbincang dengan orang nomor dua di Provinsi Jabar itu terkait usaha untuk mengembangkan produk makanan ringannya.

“Pak Uu berjanji akan membantu kami dalam untuk mengembangkan usaha kami ini agar pendapatan bisa bertambah agar perekonomian di kampung ini terus meningkat,” kata Apud.

Tak lupa para perajin makanan ringan tradisional itu pun memberikan hadiah berupa keripik singkong dan enye untuk dinikmati oleh Uu, sebagai bentuk penghargaan dari para pelaku UMKM setelah tempat usahanya dikunjungi.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat . Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales sekarang.

error: Content is protected !!