Trik Social Media Marketing yang Bisa Bikin Produk Kamu Laku Cepet!

Trik Social Media Marketing yang Bisa Bikin Produk Kamu Laku Cepet!

trendingtopic.co.id – Social media saat ini tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi saja, tetapi juga digunakan sebagai strategi untuk mengembangkan bisnis atau biasa disebut dengan social media marketing. Peningkatan ang sangat signifikan bagi para pengguna internet saat ini membuat digital marketing menjadi senjata ampuh untuk memasarkan produk.

Melihat adanya potensi besar dari social media, tidak sedikit pelaku pembisnis yang menggunakan social media sebagai sarana untuk berjualan dan menjangkau pelanggan. Mengingat juga untuk masa kini semua dapat dijalankan secara online dan persaingan di social media ini semakin ketat.

Nah, untuk itu dalam artikel ini akan dijelaskan apa itu social media marketing dan juga mengenai trik-trik dalam bersocial media marketing itu sendiri.

Apa Sih Social Media Marketing itu?

Social media marketing adalah bentuk dari pemasaran . Dalam bukunya, (David Evans dan Jake McKee, 2010) yang dikutip oleh Sari (2012) mengatakan bahwa social media marketing di pratekkan untuk melibatkan pelanggan pada lokasi social online dimana para pelanggan secara alami menghabiskan waktu.

Dengan adanya social media marketing ini dapat mempermudah para pelaku usaha untuk berinteraksi dengan pelanggannya secara online. Untuk biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar dan tidak ada batasannya waktu selama tersambung dengan internet. Social media yang biasa digunakan dalam proses marketing adalah Facebook, Instagram, Twitter dan yang baru-baru ini yaitu melalui Tiktok.

Pada Social media marketing ini akan melibatkan beberapa aktivitas, seperti menyebarkan brand awareness, membangun kehadiran di jejaring sosial, melibatkan pelanggan melalui konten yang diunggah dan meningkatkan konversi ROI (Return of Investment).

Berikut ini adalah beberapa trik yang perlu kamu ketahui supaya produk kamu laku cepet dan brand produk kamu bisa terkenal:

1. Presentasikan Produk Sekreatif Mungkin

Dalam mempresentasikan produk gunakan foto asli (bukan foto yang di pakai kompotitor). Walaupun kamu reseller sekalipun, beli lah beberapa produk dan foto ulang produk itu. Jadinya ada keunikan tersendiri di produk kamu.

Sertakan deskripsi dan fitur produk di slide-slide selanjutnya di social media. Lalu gunakan warna yang cocok, bukan berarti harus ada layout ataupun background, tetapi terkadang ada produk yang lebih menarik dengan cahaya yang rendah. Kadang ada yang cahaya nya terang juga lebih bagus.

Dengan desain yang bagus dan unik, audiens akan tertarik untuk membuka sosial media dan juga mengingat produk dari kamu. Jadi kamu harus pinter-pinter nih dalam menganalisa produk.

2. Menentukan Target Pasar

Target pasar merupakan pengelompok an audiens yang dapat dilihat dari usia, minat, profesi, dan hobi. Nah, untuk menenentukan target pasar yang tepat kamu perlu melakukan analisa supaya kamu bisa tau nih segmen mana yang cocok dengan karakteristik di bisnis kamu.

Hal-hal yang perlu kamu lakukan untuk menentukan target pasar adalah memilih media sosial yang tepat sesuai dengan platform. Karena setiap sosial media mempunyai target pasar yang berbeda-beda. Pemilihan platform yang sesuai dengan bisnis adalah salah satu kunci keberhasilan dari strategi pemasaran

Banyak jenis media sosial yang tersedia. Kamu hanya perlu fokus pada satu atau dua platform saja yang pastinya sesuai dengan bisnis kamu. Setelah itu maksimalkan promosi produk di dalam platform yang sudah kamu pilih.

3. Viral Marketing

Pemasaran dalam strategi ini mengandalkan usaha audiens untuk bisa menyebar luaskan kontennya ke orang lain. Dengan menentukan target audiens dan channel yang tepat maka akan cepat produk kamu untuk banyak peminatnya. Untuk itu, sampaikan pesan yang menarik perhatian target pasar.

Untuk bisa memviralkan produk, kamu bisa membuat sesuatu yang unik di produk kamu. Kemudian cari sosok public figure atau influencer cukup 1 atau 2 saja untuk mempromosikan produk yang unik tadi. Jika sudah, video influencer tadi bisa disebarluaskan kepada target di social media.

Selagi produk yang kamu jual itu mempunyai value yang besar maka produk pasti akan ada calon pembelinya. Tinggal lagi kamu harus mencari calon pembelinya tersebut ada dimana. Lalu tawarin deh produk kamu itu kepada mereka.

error: Content is protected !!