Tren Belanja Online Meningkat, Tanda Pentingnya Digitalisasi UMKM

Tren Belanja Online Meningkat, Tanda Pentingnya Digitalisasi UMKM

trendingtopic.co.id – Sudah saatnya bagi para pelaku usaha memanfaatkan platform digital dalam memasarkan produknya, di tengah tren belanja online saat ini.

Di 2022 kemarin, pola belanja masyarakat dalam menggunakan aplikasi belanja online terbilang tinggi.

Head of External Communications Tokopedia , Ekhel Chandra Wijaya pun mengakui, bahwa hal tersebut juga dijumpai pada platform Tokopedia.

“Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, Kesehatan, Elektronik, dan Fesyen menjadi kategori terpopuler. Pengiriman terjauh tercatat dari Lhokseumawe ke Jayapura untuk produk Kopi Gayo,” jelas Ekhel melalui siaran resminya pada Senin (9/1/2023).

Oleh karena itu, Tokopedia menggencarkan inisiatif berpendekatan Hyperlocal yang didukung teknologi geo-tagging, melalui fitur Dilayani Tokopedia dan Tokopedia NOW!.

Selain mempermudah konsumen yang berbelanja, program ini tentunya berguna bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah ( UMKM ) lokal.

Tokopedia mencatat transaksi lewat Dilayani Tokopedia meningkat hingga 2,5 kali lipat.

Produk seperti popok anak, sembako, dan detergen adalah produk ysng paling banyak dibeli. Ekhel juga menambahkan, bahwa peningkatan terjadi pada angka penjual atau pelaku UMKM yang memanfaatkan layanan tersebut.

“Kami juga melihat penjual yang memanfaatkan layanan pemenuhan pesanan Dilayani Tokopedia, mengalami rata-rata peningkatan penjualan lebih dari 5 kali lipat,” tambah Ekhel.

Di sisi lain, hal yang sama terjadi pada layanan Tokopedia NOW!. Peningkatan terlihat melalui angka penjualan produk beras, telur ayam, mie instan, dan roti.

Ekhel menyampaikan, pengguna layanan Tokopedia NOW! juga ikut meningkat pesat.

“Data internal kami mencatat pengguna yang memanfaatkan Tokopedia NOW! meningkat lebih dari 10 kali lipat,” ujar Ekhel.

Oleh karena itu, ini dapat menjadi pertimbangan bagi para pelaku UMKM, utamanya bagi yang bergerak di bidang-bidang tersebut untuk dapat memanfaatkan platform digital.

Di era digital seperti ini, pola dan tren belanja online masyarakat semakin terlihat. Sudah menjadi langkah yang tepat dan efektif bagi pelaku UMKM untuk bertransformasi digital dan menggunakan layanan e-commerce atau marketplace untuk memasarkan produknya.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat . Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales sekarang.

error: Content is protected !!