Tangkis Serangan Siber, Modalku Perkuat Keamanan Data

Tangkis Serangan Siber, Modalku Perkuat Keamanan Data

trendingtopic.co.id – Memasuki era digital yang serba praktis dan dinamis, Modalku terus memperkuat keamanan data melalui berbagai pengendalian keamanan yang memadai secara berkala dengan melakukan pembatasan akses dan perlindungan berlapis terhadap data. Sedangkan dari segi pengalaman pengguna, Modalku menghadirkan produk dan pelayanan serba digital dengan beragam inovasi dan teknologi untuk mempermudah transaksi pengguna.

Co-Founder & CEO Modalku, Reynold Wijaya, mengatakan Modalku sangat menitikberatkan keamanan data serta privasi para pengguna. Sebagai salah satu platform pendanaan digital yang bersertifikasi ISO 27001 sejak tahun 2018, Modalku berkomitmen untuk terus kooperatif dalam menjalankan standar operasional sistem keamanan.

“Tidak hanya itu, di tengah era digital yang semakin berkembang, kami juga fokus untuk meningkatkan pengalaman serta kenyamanan pengguna dari berbagai aspek, baik dari sisi pemberi dana maupun penerima dana Modalku,” ujarnya di Jakarta, Kamis (27/10/2022).

Berdasarkan data yang dipublikasikan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), kasus cyber attack tertinggi tahun 2022 terjadi pada bulan Januari, yakni sebesar lebih dari 272 juta serangan. Pada tahun 2021, berdasarkan survei World Economic Forum, terkait Global Cybersecurity Outlook 2022, sebanyak 22,4% cyber attack terjadi pada industri keuangan.

Menanggapi hal tersebut, Modalku memiliki tiga aspek yang berperan dalam menjaga keamanan data, antara lain sumber daya manusia, proses, dan teknologi. Modalku memiliki tim internal yang sudah terlatih dalam menjaga keamanan data, sistem dan infrastruktur, salah satunya melalui manajemen akses. Seluruh karyawan juga menerima pelatihan secara berkala untuk menghindari cyber attack seperti phising maupun scam.

Selain itu, Modalku juga mengedukasi para pengguna mengenai pengamanan data serta cara melakukan transaksi yang aman melalui berbagi platform internal Modalku, termasuk media sosial. Modalku turut menerapkan berbagai sistem keamanan, antara lain implementasi two factor authentication di seluruh platform internal Modalku, penilaian internal terhadap platform maupun vendor baru, serta pemeriksaan internal berkala untuk seluruh sistem dan akses yang digunakan.

Modalku juga selalu melakukan pengembangan teknologi keamanan dengan mengaplikasikan beberapa standar keamanan untuk meminimalisir risiko kebocoran data dengan mencegah, mendeteksi, dan memonitor cyber attack, salah satunya melalui fitur alert dari sistem Modalku untuk mendeteksi aktivitas mencurigakan.

‚ÄúPenting bagi Modalku untuk selalu siap merespon setiap serangan yang mungkin muncul. Oleh karena itu, tim kami secara berkala menguji respons insiden keamanan dan rencana pemulihan yang memungkinkan kami tidak hanya menahan serangan dengan cepat dan mengurangi dampaknya terhadap sistem, tetapi juga memulihkannya sesegera mungkin,” jelas Head of Technology Modalku, Felix Richard.

Modalku sendiri secara konsisten berkontribusi dalam menjawab tantangan akses permodalan para pelaku UMKM. Hal ini terlihat dari jumlah penyaluran modal usaha Grup Modalku hingga saat ini sebesar Rp 40,42 Triliun kepada lebih dari 5,1 juta jumlah transaksi pendanaan UMKM di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam.

error: Content is protected !!