Tak Kunjung Diusung, Cak Imin Belum Kepikiran Buat Duet Tandingan Kalahkan Prabowo

Tak Kunjung Diusung, Cak Imin Belum Kepikiran Buat Duet Tandingan Kalahkan Prabowo

trendingtopic.co.id – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB ) Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin belum berpikir membuat pasangan capres dan cawapres tandingan jika tak diusung Partai Gerindra untuk jadi cawapres Prabowo Subianto.

Hal ini merespons hasil survei Charta Politika yang menunjukkan Ganjar Pranowo bakal memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 jika menggandeng Prabowo Subianto sebagai cawapres.

Di sisi lain, ada penilaian bahwa PKB tak puas karena Gerindra tak kunjung menyetujui pengusungan Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) dan Muhaimin Iskandar di posisi calon wakil presiden (cawapres).

“Belum, belum. Belum ada kepikiran,” kata Cak Imin saat ditemui di Kompleks DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (10/1/2023).

Ia juga menampik bahwa partainya akan merapat ke Partai Nasdem.

Saat ini, PKB terus menjalin komunikasi dan koalisi dengan Partai Gerindra meski belum kunjung mengumumkan capres-cawapres yang bakal diusung.

“Enggak, enggak benar (mau merapat ke Nasdem). Iya (tetap sama Gerindra),” ujar dia.

Cak Imin menuturkan, koalisi tak mau terburu-buru mengumumkan pasangan capres dan cawapres yang diusungnya.

Alasannya, kedua belah pihak masih menunggu perkembangan komunikasi dengan partai lain. Dia bilang, setiap keputusan akan mempertimbangkan masukan dan keinginan untuk bekerja sama dengan partai-partai lain.

“Belum, belum bisa dipastikan karena menunggu komunikasi dengan partai-partai lain. Kita tidak ingin hanya berdua, kita ingin menambah kekuatan. Semua saling meminta toleransi waktu,” ujar dia.

“Jadi nunggu waktu konstelasi, komunikasi dengan kekuatan partai-partai yang lain,” lanjut Cak Imin.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Syaiful Huda mengatakan pihaknya bakal mencari koalisi yang menawarkan kursi calon presiden (capres) atau calon wakil presiden (cawapres) untuk Muhaimin Iskandar.

Huda mengisyaratkan PKB akan berpaling dari koalisi apabila Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar tidak menjadi cawapres. PKB bertahan jika bisa mengantarkan Cak Imin mendapatkan tiket bakal RI-1 atau RI-2.

Hal itu dikatakannya saat ditanya apabila Muhaimin Iskandar atau Cak Imin tidak menjadi cawapres dalam koalisi yang telah dibentuk bersama Partai Gerindra.

“Ya sampai kita cari koalisi (yang menawarkan) Cak Imin jadi capres atau cawapres,” ujar Huda saat ditemui di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (23/12/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!