Taiwan Kutuk Keras Latihan Militer China di Sekitar Wilayahnya!

Taiwan Kutuk Keras Latihan Militer China di Sekitar Wilayahnya!

trendingtopic.co.id – Pemerintah Taiwan mengutuk keras China yang menggelar latihan militer di sekitar wilayahnya. Ditegaskan Taipei bahwa menjaga perdamaian kawasan menjadi tanggung jawab Taiwan dan China.

Seperti dilansir Reuters, Senin (9/1/2023), Komando Zona Timur Tentara Pembebasan Rakyat mengungkapkan latihan militer yang fokus pada serangan darat dan laut itu bertujuan menguji kemampuan tempur bersama dan ‘secara tegas melawan tindakan provokatif kekuatan eksternal dan separatis kemerdekaan Taiwan’.

Kantor kepresidenan Taiwan dalam pernyataannya menuduh China melontarkan ‘tuduhan tidak beralasan’ dan mengecam keras latihan militer terbaru itu.

Kantor kepresidenan Taiwan juga menegaskan bahwa perdamaian dan stabilitas Selat Taiwan dan kawasan itu menjadi tanggung jawab bersama untuk Taiwan dan China.

Disebutkan bahwa posisi Taiwan sudah sangat jelas, yakni tidak akan meningkatkan konflik atau memprovokasi perselisihan, tapi akan dengan tegas mempertahankan kedaulatan dan keamanannya.

“Militer negara ini sangat memahami situasi di Selat Taiwan dan area sekitarnya, dan merespons dengan tenang. Rakyat kita bisa tenang,” demikian pernyataan kantor kepresidenan Taiwan.

Kementerian Pertahanan Taiwan dalam pernyataan terpisah melaporkan bahwa dalam 24 jam terakhir, sedikitnya 57 pesawat militer China dan empat kapal Angkatan Laut negara itu beroperasi di sekitar Taiwannya. Dari jumlah itu, sekitar 28 pesawat militer di antaranya mengudara ke zona pertahanan udara Taiwan.

Disebutkan juga oleh Kementerian Pertahanan Taiwan bahwa 28 pesawat militer China itu, termasuk jet tempur Su-30 dan J-16, terbang melintasi garis median Selat Taiwan — area penyangga tidak resmi antara kedua negara. Sementara dua pesawat pengebom berkemampuan nuklir H-6 mengudara ke area selatan Taiwan.

Latihan militer di sekitar Taiwan pada Minggu (8/1) waktu setempat itu menjadi yang kedua digelar China dalam waktu kurang dari sebulan terakhir.

Bulan lalu, China menggelar latihan militer serupa, dengan Taiwan melaporkan 43 pesawat militer Beijing mengudara hingga melintasi garis median Selat Taiwan.

error: Content is protected !!