Profil Ovidio Guzman: Anak Bos Kartel Sinaloa El Chapo, Dijuluki El Raton Sejak Sekolah

Profil Ovidio Guzman: Anak Bos Kartel Sinaloa El Chapo, Dijuluki El Raton Sejak Sekolah

trendingtopic.co.id

MEXICO CITY, KOMPAS.com – Putra bos kartel narkoba Sinaloa Joaquin “ El Chapo ” Guzman, Ovidio “ El Raton ” Guzman (32), berhasil diringkus pasukan keamanan Meksiko pada Kamis (5/1/2023).

Penangkapan Ovidio Guzman yang berjuluk El Raton alias si tikus ini langsung memicu kerusuhan di Meksiko.

Kerusuhan yang pecah sebagian besar terjadi di Kota Culiacan, Negara Bagian Sinaloa, Meksiko, sebagaimana dilansir Reuters.

Kerusuhan itu dipicu oleh aksi para anggota kartel Sinaloa sebagai tanggapan atas penangkapan Ovidio Guzman.

Kota Culiacan pun dilaporkan sempat lumpuh setelah kartel Sinaloa memblokade pintu masuk-pintu keluar kota, membajak mobil, membakar kendaraan, hingga menggunakan helikopter serbu.

Profil Ovidio Guzman

Ovidio Guzman alias El Raton adalah salah satu dari empat anak El Chapo bersama istri keduanya Griselda Guadalupe Lopez.

El Raton lahir pada 1990 di Kota Badiraguato, sebagaimana dilansir .

Pada 2008, salah satu kakak Ovidio Guzman ditembak mati. Di tahun yang sama, dia beserta salah satu saudaranya, Joaquin Guzman, ikut menjalankan kartel narkoba bapaknya.

Pada periode tersebut, El Chapo adalah bos kartel narkoba paling dicari di seluruh dunia. Dia menjalankan bisnisnya dari Sinaloa dan selalu selangkah lebih maju dari pihak berwenang.

Ovidio Guzman dan Joaquin Guzman juga mulai membeli ganja dalam jumlah besar di Meksiko dan kokain dari Kolombia.

Mereka memperluas operasi mereka untuk membeli efedrina dalam jumlah besar, pendahulu sabu, dari Argentina dan menyelundupkannya ke Meksiko.

Pada 2012, Kementerian Keuangan AS menunjuk Ovidio Guzman alias El Raton dan saudaranya yang lain, Ivan, adalah tokoh kunci di dalam kartel Sinaloa.

Setelah El Chapo ditangkap dan diekstradisi ke AS pada 2017, Ovidio Guzman bersama tiga saudara laki-lakinya mengambil alih kepemimpinan Kartel Sinaloa .

Guzman bersaudara mengawasi 11 laboratorium narkoba di Sinaloa yang memproduksi 1,3 ton hingga 2,2 ton metamfetamin murni setiap bulannya.

Metamfetamin produksi Guzman bersaudara dijual secara grosir ke distributor mereka di AS dan Kanada.

Imigrasi dan Bea Cukai AS menyediakan hadiah senilai 5 juta dollar AS untuk informasi yang mengarah pada penangkapan Ovidio Guzman alias El Raton setelah dia didakwa atas tuduhan perdagangan narkoba oleh dewan juri AS pada 2018.

Kementerian Luar Negeri AS mengatakan, Ovidio Guzman juga memerintahkan pembunuhan sejumlah informan, pengedar narkoba, dan penyanyi Meksiko yang menolak menyanyi di pernikahannya.

Sejauh ini, masih tidak diketahui berapa banyak saudara kandung Ovidio Guzman. Di satu sisi, sejumlah laporan menyebutkan bahwa El Chapo memiliki setidaknya 15 anak dari empat istri dan beberapa pacarnya.

Ovidio Guzman diberi julukan El Raton ketika dia masih duduk di bangku sekolah.

Dia menikah dengan Adriana Meza Torres, yang dijuluki “Ratu Kartel Sinaloa”.

Ovidio Guzman alias El Raton sebelumnya pernah ditangkap pada Oktober 2019 oleh pasukan keamanan. Namun, dia kemudian segera dibebaskan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!