PGN Sukses Dukung Perhelatan Internasional UCI Track Cycling Nations Cup 2023

PGN Sukses Dukung Perhelatan Internasional UCI Track Cycling Nations Cup 2023

trendingtopic.co.id – JAKARTA – Subholding Gas Pertamina, PT PGN Tbk, mendukung perhelatan olah raga balap sepeda internasional, UCI Track Cycling Nations Cup 2023 yang sukses diselenggarakan di Jakarta International Velodrome, 23 – 26 Februari 2023.

UCI Track Cycling Nations Cup 2023 diikuti atlet dari negara-negara besar Eropa, Amerika, New Zealand, Australia, serta negara-negara Asia termasuk Indonesia.

Ajang ini penting dalam memajukan olah raga di Indonesia terutama menunjukkan bahwa Jakarta International Velodrome sebagai salah satu velodrome terbaik di dunia.

Track cycling merupakan disiplin sepeda tertua dan menjadi program Olimpiade pertandingan Olimpiade modern pertama pada tahun 1896. Penyelanggaraan UCI Track Cycling Nations Cup di Jakarta kali ini menjadi momentum yang sangat baik dalam dunia olah raga.

Tidak hanya pada saat acara di bulan Februari saja, Velodrome Jakarta – Indonesia semakin dikenal oleh racer dunia sekelas Eropa dan menjadikan word of mouth di kalangan cyclists dunia.

Nomor lomba dalam UCI Track Cycling Nations Cup 2023 putra maupun Putri yaitu Team Pursuit, Madison, Omnium, Team Sprint, Sprint, Keirin, dan Elimination. Pembalap dari Eropa unggul dalam perolehan medali emas diantaranya untuk nomor keirin putra, omnium putra, sprint putri, sprint putra, madison putra dan madison putri.

“PGN mendukung UCI Track Cycling Nations Cup 2023 agar energi baik dapat tersalurkan untuk menyuntik aktivitas ekonomi lokal melalui masuknya atlet, tim, media, serta penonton. Tak kalah penting, kompetisi sepeda international dapat meningkatkan reputasi Indonesia bahwa velodrome di Indonesia layak untuk dijadikan ajang kompetisi tingkat dunia,” ujar Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama, (28/2/2023).

Selain itu, dengan diliput oleh media internasional dapat menciptakan platform promosi bagi Indonesia untuk menggiatkan pengembangan pariwisata pada umumnya dan tour sepeda khususnya dalam mendukung bersepeda di Indonesia.

“Dengan menyaksikan kompetisi balap sepeda, memungkinkan untuk menarik minat penonton untuk bersepeda. Antusiasme tersebut dapat direspon oleh pemerintah melalui peluasan jalur sepeda dan sebagainya. Aksi bersepeda sudah marak dilakukan masyarakat sebagai salah satu langkah mengurangi polusi. Hal ini sejalan dengan komitmen energi baik PGN dalam upaya menekan emisi karbon. PGN juga pernah mendukung tim sepeda yang menghasilkan atlet-atlet nasional,” ujar Rachmat.

PGN juga pernah mendukung tim sepeda nasional PGN Road Cycling Team (PRCT) sebagai wujud keberpihakan PGN dalam mengembangkan bibit atlet balap sepeda nasional.

PGN melakukan pembinaan dari awal tahun 2016 hingga PRCT bisa melaju ke level profesional dengan mengikuti kejuaraan balap sepeda nasional dan touring Internasional. PRCT saat itu juga telah terdaftar di UCI Continental Team. Cabang olah raga balap sepeda pun sesuai dengan tujuan pemerintah untuk mendukung program langit biru.

Kontribusi PGN dalam olahraga sepeda diharapkan dapat bermanfaat bagi peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya kegiatan menjaga kesehatan melalui kegiatan positif yang sekaligus upaya menekan karbon di Indonesia.

error: Content is protected !!