Perusuh Sayap Kanan Brasil Dikecam karena Pakai Kaus Warna Kuning-Hijau

Perusuh Sayap Kanan Brasil Dikecam karena Pakai Kaus Warna Kuning-Hijau

trendingtopic.co.id – Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF) yang merupakan badan sepak bola profesional Brasil, secara terbuka mengutuk perusuh sayap kanan yang menyerbu gedung pemerintah pada hari Minggu (8/1/2023).

Mereka dipermasalahkan karena mengenakan kaus kuning ikon tim sepak bola nasional Brasil.

“Kemeja tim nasional Brasil adalah simbol kegembiraan rakyat kami,” tulis CBF dalam tweet pada hari Senin (9/1/2023).

“Tujuannya untuk menghibur, menyemangati, dan mencintai negara,” tambahnya.

Dilansir dari The Hill, asosiasi sepak bola itu juga mengatakan bahwa kaus tim nasionalnya, yang dikenakan oleh legenda sepak bola Brasil seperti Pelé, Rivaldo, Romario, Ronaldo, Ronaldinho, Kaka, dan bintang Paris Saint-Jerman Neymar, harus digunakan untuk mempersatukan negara, bukan memisahkannya.

“CBF adalah entitas non-partisan dan demokratis,” ungkapnya. “Kami mendorong agar kaos itu digunakan untuk mempersatukan dan tidak memecah belah orang Brasil.”

Pernyataan CBF datang ketika ribuan pendukung Bolsonaro menyerbu Kongres Brasil, Mahkamah Agung, dan istana kepresidenan pada hari Minggu sebagai protes atas hasil pemilihan presiden, yang membuat Bolsonaro kalah dalam upaya pemilihannya kembali.

Kerusuhan itu memicu pemberontakan seperti 6 Januari 2021 di AS, di mana pendukung pro-Trump menyerbu Capitol dalam upaya untuk menghentikan anggota parlemen mengesahkan kemenangan Presiden Biden dalam pemilu 2020.

Presiden AS Joe Biden secara terbuka mengutuk protes tersebut, mengatakan AS akan terus bekerja dengan Presiden Brasil yang baru dilantik Luiz Inacio Lula da Silva dan pemerintahnya.

AS berkomitmen mendukung penuh lembaga demokrasi negara tersebut.

Banyak anggota parlemen AS juga secara terbuka mengutuk protes sayap kanan di Brasil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!