Perlindungan Konsumen Sebagai Salah Satu Upaya Penegakan Prinsip Etika Bisnis

Perlindungan Konsumen Sebagai Salah Satu Upaya Penegakan Prinsip Etika Bisnis

trendingtopic.co.id – Etika bisnis atau yang didefinisikan sebagai norma dan moralitas yang berlaku secara universal di dalam ekonomi dan sosial dengan pertimbangan yang diambil pelaku bisnis dalam mencapai tujuannya dengan memperhatikan terhadap kepentingan dan fenomena sosial dan budaya masyarakat. Sesuai dengan pengertian di atas, etika bisnis merupakan norma yang diambil pelaku bisnis dalam menjalankan bisnisnya dengan tetap memperhatikan kepentingan dan fenomena sosial dan budaya. Hal tersebut menjelaskan bahwa di dalam bisnis, pelaku bisnis perlu memperhatikan beberapa norma dalam menjalankan bisnisnya. Namun, pada kenyataannya teori tersebut tidaklah sepenuhnya berjalan dengan sebagaimana mestinya karena masih terdapat banyak oknum pelaku bisnis yang menjalankan bisnis hanya untuk mencapai tujuannya yaitu mencari laba.

Pernyataan tersebut didukung oleh beberapa fenomena yang ada di masyarakat, salah satunya adalah masih banyaknya kosmetik ilegal bermerkuri yang dijual bebas di pasaran. Dikutip dari kompas.id masih terdapat banyak merek-merek kosmetik yang mengandung bahan berbahaya yang izin edar pada kemasan kosmetik tersebut ternyata fiktif, padahal direktur pengawasan kosmetik badan POM telah melarang merkuri menjadi bahan kosmetik karena sangat berbahaya bagi manusia. Fenomena tersebut menunjukkan adanya pelanggaran ketidakpatuhan pelaku usaha produk kosmetik sekaligus melanggar etika bisnis yang berlaku.

Fenomena yang terjadi di atas juga menunjukkan ketidakpedulian pelaku bisnis terhadap konsumen, padahal perlindungan konsumen merupakan salah satu upaya penegakan etika bisnis. Menjadi pelaku bisnis juga bukan hanya tentang menciptakan produk dan mendistribusikannya kepada konsumen, namun juga diperlukan prinsip-prinsip dan standar moral yang berlaku bagi sistem dan organisasi yang digunakan oleh masyarakat. Banyaknya pelanggaran etika bisnis yang terjadi di sepanjang tahun menunjukkan lemahnya kontrol dari pihak yang berwenang untuk menegakkan etika berbisnis, sehingga kondisi ini mudah dimanfaatkan untuk mencapai keuntungan individu atau kelompok.

Etika bisnis merupakan prinsip-prinsip yang harus dijadikan pedoman dalam melakukan aktivitas bisnis. Prinsip tersebut digunakan individu untuk berperilaku secara profesional dan dapat diterima pada saat melakukan aktivitas bisnis. Selain itu, digunakan sebagai pedoman dalam melakukan bisnis yang sejalan dengan persetujuan publik. Persetujuan publik dalam hal ini mendefinisikan kepedulian pelaku bisnis dalam menjalankan aktivitas bisnisnya, memberikan perlindungan kepada konsumen merupakan salah satu upaya penegakan etika di dalam suatu aktivitas bisnis.

error: Content is protected !!