Pengamat Sebut Munculnya Dukungan Ganjar-Erick Berpeluang Gembosi KIB

Pengamat Sebut Munculnya Dukungan Ganjar-Erick Berpeluang Gembosi KIB

trendingtopic.co.id – Pengamat politik Ahmad Khoirul Umam mengatakan, mencuatnya nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) bisa berpotensi menggembosi Koalisi Indonesia Bersatu ( KIB ).

KIB merupakan koalisi bentukan Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional ( PAN ).

Diketahui, PAN melalui ketua umum mereka, Zulkifli Hasan mengatakan, memberi dukungan untuk mengusung Ganjar-Erick sebagai capres dan cawapres pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

“Mencuatnya pasangan Ganjar-Erick berpeluang menggembosi KIB, di mana sejak awal Golkar sebagai partai terbesar dan sponsor utama KIB, mengharapkan Ketum Golkar Airlangga Hartarto sebagai capres atau setidaknya cawapres dalam koalisi tersebut,” ujar Umam saat dihubungi, Selasa (28/2/2023).

Umam mengungkapkan, apabila PPP ikut mengusung pasangan Ganjar-Erick, nasib Airlangga di ujung tanduk.

Di satu sisi, Airlangga bakal dipaksa menerima konsekuensi dari manuver dan tipuan politik PAN dan PPP.

“Jika Airlangga bersikeras ingin jadi kontestan Pilpres 2024, ia berpeluang dihadapkan pada konsekuensi Munaslub (Musyawarah Nasional Luar Biasa) Golkar yang dijalankan para politisi Golkar lain yang akan mengoreksi keputusan Munas terkait pencapresannya, atau bahkan mereka siap menggergaji kepemimpinan Airlangga di Golkar sendiri,” kata Umam.

Umam menambahkan, dukungan PAN terhadap Ganjar-Erick yang disampaikan Zulkifli Hasan di depan Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga membuka peluang kian intensnya sosialisasi dan penguatan pendukung Ganjar-Erick.

“Sebenarnya manuver ini tidak mengagetkan karena memang sudah terdeteksi cukup lama, di mana sel-sel politik yang dibiayai Erick telah intens bernegosiasi untuk mewujudkan pasangan Ganjar-Erick,” ujar Umam.

“Pasangan inilah yang selanjutnya dijadikan proposal politik Jokowi untuk diajukan ke Ketum PDI-P Megawati Soekarno dengan harapan mendapatkan restu politik. Jika PAN sudah berani secara terbuka membuka kartu capres-cawapres yang didukungnya, besar kemungkinan sel-sel politik lain akan ikut lantang menyuarakan dalam waktu-waktu ke depan,” katanya lagi.

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) memberi dukungan untuk mengusung Ganjar-Erick sebagai capres dan cawapres pada Pemilu 2024.

“Jalan-jalan ke Simpang Lima. Jangan lupa membeli lumpia. Kalau Pak Ganjar dan Pak Erick sudah bersama, Insya Allah Indonesia tambah Jaya,” kata Zulhas.

Hal itu disampaikan Zulhas di hadapan Presiden Jokowi dan 2.400 peserta kader PAN yang menghadiri Workshop dan Rapat Koordinasi Nasional Pemenangan Pemilu Partai Amanat Nasional (PAN), di Hotel Padma Semarang, Minggu (26/2/2023).

Namun, Zulhas menyerahkan keputusan kepada Jokowi yang disebut sebagai panglima tertinggi.

“Tapi, itu kata panglima perang. Keputusan ada di panglima tertinggi,” ujar Zulkifli Hasan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!