Pemerintah Terbitkan 3 Surat Utang Negara Senilai Rp46,9 Triliun

Pemerintah Terbitkan 3 Surat Utang Negara Senilai Rp46,9 Triliun

trendingtopic.co.id – JAKARTA, Pemerintah menerbitkan tiga Surat Utang Negara (SUN) dalam valuta asing sebesar 3 miliar dolar AS atau setara Rp46,9 triliun (Kurs Rp15.644/Dolar AS). Masing-masing dengan tenor 5, 10, dan 30 tahun dengan format SEC-Registered pada tanggal 5 Januari 2023.

Dalam keterangan Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, transaksi ini mencerminkan optimisme pemerintah masuk di pasar global sebagai emerging countries pertama di Asia yang menerbitkan global bond pada tahun 2023.

“Menandakan keberhasilan Pemerintah menerbitkan global bonds dengan format SEC untuk ketiga belas kalinya sejak tahun 2018,” tulis DJPPR dalam keterangan resmi, Jumat (6/1/2023)

Sambutan investor global sangat positif pada penerbitan kali ini, dengan total orderbook sepanjang proses bookbuilding sempat mencapai 17 miliar dolar AS. Kemudian, ketika penetapan final price guidance dengan tujuan untuk menekan biaya penerbitan, total orderbook tersebut bergerak ke level 14,4 miliar dolar AS atau 4,82 kali dari total yang dimenangkan.

“Angka tersebut merupakan bid to cover ratio tertinggi dalam 5 tahun terakhir. Orderbook ini menunjukan minat investor yang sangat besar dan berasal dari beragam investor yang berkualitas,” tulis DJPPR.

Editor : Aditya Pratama

Follow Berita iNews di Google News

error: Content is protected !!