Microsoft Perpanjang End of Life Windows Server 2012

Microsoft Perpanjang End of Life Windows Server 2012

trendingtopic.co.id – Microsoft tahun 2023 ini memang memberikan cukup banyak layanan yang kemudian akan diberhentikan selamanya, artinya ada beberapa layanan yang akan berhenti mendapatkan pembaruan dan peningkatan. Windows Server 2012 kini akhirnya mendapatkan perpanjangan Endo f Life, Jumat (06/01).

Beberapa bulan yang lalu, Microsoft sempat memberikan sebuah pengumuman untuk pengguna Windows Server 2012 yang mana pada awal tahun 2023 nanti mereka akan menghentikan End of Life penggunanya. Namun akhirnya Microsoft memberikan keputusan bahwa Endo f Life Windows Server 2012 akan kembali diperpanjang hingga tanggal 10 Oktober 2023.

Hal ini ternyata bukan hanya untuk pengguna Windows Server 2012 saja, melainkan untuk IT Admin dari Windows Server 2012 R2 yang mana akan berlaku sama untuk End of Life mereka. Microsoft tentu mengetahui bahwa akan memakan proses yang cukup lama untuk perusahaan bermigrasi, maka dari itu menjadikan alasan kuat untuk memberikan sedikit waktu.

Untuk proses migrasi ini, Microsoft memberikan sebuah saran bahwa perusahaan yang menggunakan Windows Server 2012 setidaknya harus memindahkan semuanya ke Microsoft Azure VM. Namun jika masih menggunakan layanan Windows Server, maka disarankan untuk menggunakan versi terbaru yaitu Windows Server 2022.

Namun sebenarnya pengguna Windows Server 2012 ini masih bisa menggunakan layanan setelah End of Life berakhir, tetapi akan dikenakan biaya tambahan karena menggunakan Extended Security dari Microsoft. Tentu harganya akan lebih mahal, mengingat harga ini semakin tinggi pada kasus Windows 7 kemarin.

“Extended Security Updates (ESUs) for Windows Server 2012 – providing up to three years of security updates only. ESUs will continue for three years, renewable on an annual basis, until October 13, 2026.” Tulis Microsoft.

Seperti yang ditulis oleh Microsoft, di mana ketika pengguna Windows Server 2012 memperpanjang sistem keamanan mereka dengan membayar lebih, maka Microsoft akan memberikan dukungan yang lebih lama yaitu hingga 13 Oktober 2026.

Sedangkan pemberhentian dukungan ini akan dilakukan pada tanggal 10 Oktober 2023, perusahaan bisa mulai migrasi ke versi terbaru dari Windows Server atau paling tidak menggunakan layanan VM dari Azure.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda memilih untuk tetap menggunakan Windows Server 2022 atau ingin migrasi ke versi terbaru? Tuliskan pendapat Anda di kolom komentar.

    Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

    Download Software Windows

    Download Aplikasi Android

    Download Driver Printer

    Download Sistem Operasi

    Hudalil Mustakim, lebih akrab dipanggil Alil. Saya seorang Content Writer yang cukup lama bergelut dalam bidang ini, saya menyukai hal baru khususnya dalam menulis berbagai macam gaya penulisan artikel yang bervariasi.

    error: Content is protected !!