Mengenal Pepper Secret, Produk Wewangian dari Lada Belitung

Mengenal Pepper Secret, Produk Wewangian dari Lada Belitung

trendingtopic.co.id – Aroma terapi atau parfum dengan bahan dasar bunga dan buah mungkin sudah biasa, tapi bagaimana jika bahan dasarnya dari rempah seperti lada ?

Pepper Secret , sebuah usaha asal Jakarta, hadir dengan inovasinya, yaitu produk wewangian berbahan dasar biji lada lokal. Usaha ini sudah mulai dirintis sejak 2015.

Sales Marketing Pepper Secret, Adelia Putri mengungkap, bahwa produk-produk mereka memiliki bahan dasar lada yang secara khusus diambil dari daerah Bangka Belitung , Indonesia.

“Produk kita semuanya itu basic ingredientnya dari lada, makanya kita namakan Pepper Secret. Kita utamanya mengambil lada dari daerah Belitung,” ujar Adelia saat ditemui dalam acara UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur 2022 di Jakarta Convention Center, Kamis (15/12/2022).

Lada dari Belitung cukup dikenal sebagai kekayaan alam Indonesia. Namun, pemanfaatannya masih belum terlalu terlihat. Itulah yang menjadi dasar lahirnya Pepper Secret.

“Lada Belitung itu kan memang terkenal ya, tapi entah kenapa masih jarang digunakan. Sehingga kita kerja sama dengan petani lokal di sana untuk dijadikan produk kreatif baru, salah satunya lewat produk aroma terapi ,” ungkap Adelia.

Produk aroma terapi yang disediakan Pepper Secret pun ada beberapa jenis, mulai dari essential oil, muscle oil, muscle balm, parfum, diffuser, hingga sabun.

Meski bahan baku lada diambil langsung dari Belitung, sampai saat ini pusat produksi Pepper Secret masih berada di Jakarta.

Adelia mengatakan, sebenarnya Pepper Secret juga sudah berencana untuk membangun perkebunan lada beserta rumah produksi langsung di daerah Belitung.

“Kita punya master plan, tapi masih dalam tahap pembangunan. Makanya, untuk saat ini kita masih melakukan semuanya di Jakarta, sebelum nantinya dipindahkan semuanya ke sana (Belitung),” jelas Adelia.

Oleh sebab itu, Pepper Secret terus mengajak dan memberdayakan para petani lada yang ada di Belitung, misalnya dengan kegiatan workshop atau pelatihan untuk proses pembuatan beberapa produk aroma terapi mereka.

Untuk varian produk Pepper Secret, aroma yang disediakan tidak hanya wangi lada. Terdapat beberapa campuran aroma lain seperti citrus (jeruk mandarin), serai wangi, dan beberapa herbal lainnya.

Adelia menjelaskan, hal tersebut dikarenakan bahan lada juga memerlukan campuran bahan lain untuk jenis produk wangi-wangian.

“Untuk produk wangi-wangian memang lada itu perlu bahan tambahan, supaya aromanya justru lebih keluar,” ujar Adelia.

Sampai saat ini, Pepper Secret sudah memasarkan produknya hampir ke seluruh Indonesia.

Bukan hanya menjual produk melalui layanan e-commerce, Pepper Secret juga sudah mendistribusikan produk mereka secara offline di Sarinah, Thamrin dan Dia.lo.gue, Kemang.

Saat ditanyakan perihal pemasaran ke luar negeri, Adelia mengaku mereka sedang dalam proses menuju ekspor.

Ia juga mengungkapkan bahwa banyak pengunjung luar negeri yang justru tertarik dan sangat mengapresiasi produk inovatif mereka.

“Orang luar itu sangat appreciate saat melihat produk kita. Justru untuk warga lokal Indonesia yang terkadang masih menunjukkan perasaan ragu untuk mencoba produk wangi-wangian dari lada ini,” ungkap Adelia.

Oleh karena itu, ekspor menjadi salah satu goal besar yang sedang dipersiapkan Pepper Secret untuk memasarkan produknya ke konsumen luar negeri.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat . Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales sekarang.

error: Content is protected !!