Makanan Berprotein Tinggi yang Bisa Bikin Wajah Glowing Menurut Pakar

Makanan Berprotein Tinggi yang Bisa Bikin Wajah Glowing Menurut Pakar

trendingtopic.co.id – Hidrasi yang cukup, menggunakan pelembap, dan membersihkan wajah merupakan rutinitas penting untuk merawat kulit wajah agar lebih sehat, serta glowing.

Tak hanya itu, mengonsumsi makanan berprotein tinggi juga mampu membantu meningkatkan produksi kolagen , sehingga kulit wajah tampak awet muda.

Sejumlah pakar kesehatan dan nutrisi pun mempelajari lebih lanjut bagaimana makanan dengan kandungan protein yang tinggi sangat bermanfaat untuk mendorong produksi kolagen dan membuat kulit wajah glowing .

Dilansir dari laman She Finds, mereka membagikan sejumlah makanan tinggi protein serbaguna yang tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, tetapi juga membuat kulit wajah glowing dan awet muda.

• Lentil dan legum

Lentil, tanaman yang dikenal dengan bijinya yang berbentuk lensa, diklasifikasikan sebagai polong-polongan, yaitu tanaman yang menghasilkan polong yang mengandung biji.

Ini tentu saja dapat menjadi menu makan malam yang sehat.

Mengenai manfaatnya bagi kulit, lentil dan legum secara khusus dapat menawarkan asupan protein, karbohidrat kompleks, dan serat, yang semuanya merupakan vitamin penambah kolagen yang penting.

Makanan berprotein tinggi ini juga dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak hyaluronic acid, yang merupakan zat kuat dalam perawatan kulit anti-penuaan .

“Lentil adalah pilihan protein yang bagus untuk disertakan saat makan malam karena kaya akan magnesium, yang bekerja sama dengan vitamin C untuk meningkatkan produksi kolagen dan membantu kulit tetap tangguh.”

Demikian penuturan ahli diet terdaftar, Elysia Cartlidge.

Menurut Cartlidge, makanan ini juga sumber zinc yang dapat membantu menjaga elastisitas kulit, serta mencegah kulit keriput dan kendur.

“Lentil mengandung sekitar 18 gram protein per cangkir yang menjadikannya sumber zat besi yang baik,” kata ahli diet terdaftar di Michigan, AS, Meghan Pendleton.

“Ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan mencegah anemia, serta dapat membuat kulit lebih glowing,” sambung dia.

Senada dengan hal itu, pakar kesehatan dan perawatan kulit, Cheryl Rosen mengungkapkan bahwa lentil dan legum dapat menjadi sumber protein tinggi yang penting untuk kulit glowing karena membantu membangun kembali dan mempertahankan kadar kolagen.

Sebab, kolagen bertanggung jawab menjaga kulit elastis dan tampak awet muda, yang seiring bertambahnya usia produksinya akan melambat.

Dia juga mencatat, makan malam adalah waktu yang tepat untuk memasukkan makanan berprotein tinggi, karena protein membantu mengatur kadar gula darah dan memberikan energi yang tahan lama sepanjang malam.

Ditambah lagi, Rosen menambahkan, mengonsumsi protein di malam hari dapat membantu mengurangi keinginan untuk mengidam camilan yang tidak sehat, yang memiliki manfaat untuk kesehatan kulit sekaligus penurunan berat badan.

• Kacang-kacangan dan biji-bijian

Ahli dermatologi di BowTied Life, Daniel Boyer, MD, menjelaskan bagaimana kacang-kacangan tertentu seperti kenari, almond, dan pistachio adalah sumber protein yang bagus.

Di samping itu, banyak jenis biji-bijian juga dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit yang kendur.

“Untuk kulit kendur, kacang-kacangan dan biji-bijian adalah pilihan yang bagus karena makanan ini dapat membantu mengencangkan kulit,” kata Boyer.

“Makanan ini juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat mengencangkan kulit. Asam lemak omega-3 adalah kelas nutrisi penting yang sering ditemukan pada ikan dan beberapa makanan nabati,” terang dia.

Boyer mencatat bahwa kacang-kacangan dan biji-bijian dapat membantu mengurangi peradangan maupun kondisi lain yang menyebabkan kulit menjadi kusam, serta mempertahankan elastisitas kulit.

“Makanan ini merupakan sumber protein yang baik untuk membentuk kolagen, termasuk membantu tubuh mengembangkan jaringan dan organ padat ikat,” katanya.

“Mengingat, tubuh tidak dapat menciptakan jaringan baru tanpa protein,” ujar dia.

Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit, kacang-kacangan dan biji-bijian juga dapat membantu kita merasa kenyang lebih lama, yang sangat baik untuk diet yang sehat dan membantu menurunkan berat badan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!