Lima kebiasaan digital sehat untuk perkuat keamanan data pribadi

Lima kebiasaan digital sehat untuk perkuat keamanan data pribadi

trendingtopic.co.id – Menjaga keamanan data pribadi sangat penting dilakukan agar Anda terhindar dari berbagai ancaman yang mungkin terjadi, terutama di dunia maya, misalnya perundungan daring hingga penyalahgunaan data pribadi oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Untuk itu, Anda dapat membiasakan lima langkah sederhana namun memiliki manfaat besar dalam menjaga keamanan data pribadi. Berikut daftarnya yang dikutip dari siaran pers Kaspersky, Jumat.

1, Ganti kata sandi

Memasuki tahun baru, berarti sudah saatnya Anda untuk memeriksa dan mengubah kata sandi di semua akun. Aturan utamanya, jangan menggunakan kata sandi yang sama untuk banyak akun.

Jika Anda seperti banyak orang dan memiliki beberapa akun online, solusi pengelola kata sandi yang andal akan sangat membantu. Pengelola kata sandi modern memiliki fitur yang sangat menyederhanakan hidup dengan kata sandi, seperti fitur isi otomatis untuk berbagai browser dan platform.

2. Langganan notifikasi tentang kebocoran data akun

Jika detail akun Anda bocor, penyerang dapat menggunakannya untuk mengambil alih akun. Namun, Anda dapat mengatasinya dengan berlangganan layanan yang mampu memindai kebocoran data terkini dan apakah Anda menjadi korban pelanggaran tersebut.

3. Gunakan VPN

VPN harus dimiliki oleh siapa saja yang ingin tetap aman dan terlindungi privasinya ketika online. Sekarang, berbagai manfaat VPN telah berkembang secara signifikan. Anda dapat berbelanja online dengan aman, menonton layanan streaming dari mana saja di dunia, atau mengakses konten lokal.

Layanan VPN modern juga memberikan kecepatan traffic online yang tinggi dan memungkinkan pengguna menonton konten bahkan dalam resolusi 4K tanpa penurunan kualitas atau buffering.

Selain itu, sembunyikan alamat IP Anda dari situs web dan pengiklan agar tak terlacak oleh iklan bertarget.

4. Transfer dokumen ke tempat yang aman

Agar dokumen Anda tetap aman dan tidak jatuh ke tangan yang salah, buatlah folder di komputer atau mengunggahnya ke cloud yang dilindungi kata sandi.

Alternatif yang lebih aman adalah menyimpan dokumen di aplikasi pengelola kata sandi. Pengelola kata sandi modern mampu menyimpan lebih dari sekadar kata sandi atau data perbankan, tapi juga mencakup catatan medis, alamat telepon, hingga dokumen yang terkait dengan pekerjaan dan bisnis.

5. Pelajari lebih lanjut tentang hobi anak di internet

Agar jalur anak ke dunia digital tetap aman, penting untuk mengajarkan dan berbagi dengan mereka tentang aturan keamanan online sejak dini. Orang tua juga dapat menggunakan berbagai perangkat lunak yang dapat mempelajari lebih lanjut tentang hobi anak dan membantu mereka mengembangkan kebiasaan digital yang sehat sejak usia dini.

“Sama seperti Anda yang tidak bisa langsung menjadi orang bugar dengan hanya mengonsumsi makanan sehat dalam semalam, mengamankan akun dan jejak digital juga membutuhkan dedikasi,” kata Lead Data Scientist Kaspersky Vladislav Tushkanov.

“Langkah kecil seperti membuat kata sandi unik untuk akun yang berbeda dan menggunakan solusi canggih seperti pengelola kata sandi dapat sangat meng-upgrade privasi Anda sekaligus membuat pekerjaan tersebut jauh lebih sederhana,” pungkasnya.

error: Content is protected !!