KPU RI: Kirab pemilu segarkan semangat 1 tahun jelang pemungutan suara

KPU RI: Kirab pemilu segarkan semangat 1 tahun jelang pemungutan suara

trendingtopic.co.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari menyampaikan bahwa peluncuran Kirab Pemilu 2024 oleh pihaknya ditujukan untuk menyegarkan semangat Bangsa Indonesia menyambut satu tahun menjelang hari pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

“Hari ini, kita bersama-sama hadir di sini dalam rangka semangat untuk satu tahun menuju pemungutan suara Pemilu 2024 yang ditandai dengan peluncuran kirab,” ujar Hasyim saat memberikan sambutan dalam acara Peluncuran Kirab Pemilu 2024 dan Pembacaan Deklarasi “Pemilu 2024 sebagai Sarana Integrasi Bangsa” di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa.

Lebih lanjut, dia menyampaikan Kirab Pemilu 2024 dilakukan dari tujuh titik lokasi, yakni Kantor Komite Independen Pemilihan (KIP) Aceh; KPU Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau; KPU Provinsi Kalimantan Barat; KPU Provinsi Kalimantan Utara; KPU Kabupaten Morotai Provinsi Maluku Utara; KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dan KPU Provinsi Papua.”Nanti, (kirab dilakukan) secara estafet dari kabupaten/kota titik dimulainya kirab itu, estafet sambung menyambung, dan nantinya bulan November akan sampai di DKI Jakarta, di Kantor KPU RI,” ucap Hasyim.Ia pun menambahkan peluncuran kirab tersebut menandakan bahwa Pemilu 2024 tidak hanya terjadi di tingkat pusat, tetapi juga di seluruh daerah di Indonesia.

“Semua anggota DPR, calon-calon yang akan berkompetisi, pemilih konstituen berasal dari daerah,” lanjut dia.Sebelumnya, Hasyim memimpin pembacaan deklarasi bertajuk Pemilu sebagai Sarana Integrasi Bangsa. Deklarasi itu merupakan komitmen bersama dari penyelenggara, peserta, dan pemangku kepentingan pemilu untuk mewujudkan pemilu yang damai, demokratis, dan berintegritas.Deklarasi tersebut terdiri atas beberapa poin, yakni penyelenggara, peserta, dan seluruh pemangku kepentingan pemilu menyatakan berkomitmen untuk mewujudkan Pemilu 2024 sebagai sarana integrasi bangsa. Kedua, penyelenggara, peserta, dan seluruh pemangku kepentingan pemilu berkomitmen melaksanakan Pemilu 2024 secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.Ketiga, mereka pun berkomitmen melaksanakan Pemilu 2024 yang berintegritas dan bertanggung jawab terhadap proses dan hasil. Keempat, mewujudkan Pemilu 2024 untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

error: Content is protected !!