Kaca KA Taksaka Pecah Dilempari Batu, KAI Bakal Ambil Langkah Hukum

Kaca KA Taksaka Pecah Dilempari Batu, KAI Bakal Ambil Langkah Hukum

trendingtopic.co.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI buka suara terkait viralnya video di media sosial yang menunjukkan salah satu sisi kaca Kereta Api (KA) Taksaka pecah akibat lemparan batu. Insiden itu terjadi pada Rabu (4/1/2023).

Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon Ayep Hanafi menjelaskan, pelemparan batu terjadi ketika KA rute Gambir-Yogyakarta tersebut sedang melewati daerah sekitar Sindanglaut-Ciledug pada pukul 12.00 WIB. Batu mengenai kaca di gerbong 9 tepat di kursi bernomor 4D.

Pecahan kaca akibat lemparan batu itu pun mengenai penumpang yang duduk di nomor kursi tersebut.

“KAI Daop 3 Cirebon menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada pelanggan KA Taksaka yang terkena serpihan kaca karena pelemparan batu antara Sindanglaut-Ciledug,” ujar Ayep saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (6/1/2023).

Menurutnya, kejadian itu segera direspons petugas Pengamanan Daerah Operasi 3 Cirebon dengan melakukan penyisiran ke lokasi sekitar pukul 12.15 WIB. Sayangnya, pelaku tidak diketemukan.

Ayep menegaskan KAI mengecam aksi pelemparan batu yang akhir-akhir ini marak dilakukan terhadap kereta api, sebab tindakan itu dapat membahayakan perjalanan. Bahkan, KAI siap untuk memproses secara hukum.

“Kami akan memproses hukum bagi siapa saja yang kedapatan melakukan pelemparan terhadap kereta api,” imbuhnya.

Menurutnya, KAI terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak melempar batu ke kereta api melalui sosialisasi. Dia pun meminta masyarakat untuk tidak melakukan pelemparan terhadap kereta api apapun alasannya.

“Sebab meskipun hanya iseng semata, namun dampaknya akan sangat berbahaya bagi perjalanan kereta api dan orang-orang yang berada di dalam kereta api,” pungkas Ayep.

Sebelumnya, video terkait kaca KA Taksaka pecah akibat lemparan baru viral di media sosial yang diunggah oleh akun Tiktok @yuda.kurniawan dan akun Twitter @YudaKurniawan.

Video itu bernasari bahwa ketika penumpang sedang nyaman tidur sekitar pukul 12.00 WIB, tiba-tiba ada lemparan batu dari pihak yang tak bertanggung jawab. Suaranya batu yang terkena kaca terdengar sangat kencang.

Serpihan kaca pun berserakan di kursi penumpang. Di sisi lain, penumpang di kursi bernomor 4D terkena serpihan kaca, namun bersyukur masih dalam kondisi tidak terluka.

Petugas KAI juga nampak segera menolong penumpang yang terkena serpihan, dan berupaya menutup lubang pada kaca yang terkena lemparan batu.

Buat kalian yang suka lempar batu ke gerbong kereta, tolonglah sudahi kelakuan seperti ini! Membahayakan orang lain. Kalau sampai ada penumpang kepalanya bocor kena batu atau mata berdarah terkena serpihan kaca, apa kalian mau tanggung jawab?!,” tulis akun medsos @yuda.kurniawan dalam unggahan videonya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!