Kabar Baik dari Sony untuk Calon Pembeli PS5

Kabar Baik dari Sony untuk Calon Pembeli PS5

trendingtopic.co.id – Tahun ini bisa jadi waktu yang tepat untuk memiliki konsol PlayStation 5 ( PS5 ). Karena stoknya dijanjikan akan banyak dan harapannya harganya menjadi normal.

Mengawali tahun 2023, Sony dengan percaya diri menjamin konsol PlayStation 5 (PS5) tak bakal “gaib” atau langka lagi di pasaran.

President & CEO Sony Interactive Entertainment (SIE), Jim Ryan, bahkan menyebut PS5 bakal lebih mudah dibeli mulai sekarang.

“Setiap orang yang menginginkan PS5 akan lebih mudah menemukannya di pengecer global, mulai saat ini,” kata Ryan saat presentasi di atas panggung ajang tahunan Consumer Electronics Show (CES) 2023 yang diselenggarakan di Las Vegas, Amerika Serikat.

Sayangnya, tak ada informasi lebih rinci soal strategi Sony agar dapat menjamin ketersediaan PS5 di pasar.

Di atas panggung CES, Ryan juga mengungkapkan pencapaian baru penjualan PlayStation 5. Menurut dia, PS5 kini sudah terjual sekitar 30 juta unit secara global.

Angka tersebut naik 5 juta unit dari terakhir kali Sony mengungkap jumlah PS5 yang terjual pada November 2022, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (6/1/2023).

Pernyataan Ryan soal PS5 tersebut menjadi kabar baik bagi penggemar PlayStation. Mengingat PS5 sempat diterpa masalah kelangkaan stok sejak pertama kali dirilis ke pasaran pada November 2020.

Kelangkaan PS5 di pasar salah satunya disebabkan oleh seretnya pasokan komponen chip semikonduktor dan tingginya permintaan PS5 di tengah pandemi Covid-19.

Di tengah kelangkaan dan permintaan yang tinggi untuk PS5, tak heran membuat harga PlayStation 5 melambung tinggi di atas harga eceran resmi (SRP). Seperti yang terjadi di Indonesia, misalnya.

Di Tanah Air, harga eceran resmi (SRP) PS5 dipatok Rp 7,3 juta untuk PS5 Digital Version dan Rp 8,8 juta untuk PS5 Disc Version.

Karena langka dan di saat yang bersamaan juga diburu penggemar, harga PS5 di sejumlah marketplace di Indonesia bahkan sempat melambung tinggi mencapai di atas Rp 10 juta.

Beberapa mitra penjual resmi PS5 di Indonesia seperti PSEnterprise, Multigame, GSShop, hingga Terminal Game bahkan harus menggunakan metode pengundian alias raffle untuk memilih pembeli PS5 yang berhak mendapatkan konsol game tersebut dengan harga normal.

Pada pertengahan 2022, tepatnya bulan Juli, pantauan KompasTekno, stok PS5 di Indonesia tampak tidak begitu langka seperti pada momen awal peluncurannya di Tanah Air.

Pasalnya, sudah banyak toko game yang menjual PS5 dengan garansi resmi dari Sony Indonesia dan mendekati harga eceran resmi.

Harga PS5 naik Rp 900.000 di Indonesia

Pada Agustus lalu, Sony mengumumkan kenaikan harga PS5 di Indonesia . Harga eceran resmi (SRP) PS5 yang dijual di Tanah Air naik Rp 900.000 baik untuk Sony PS5 Disc Version maupun PS5 Digital Version.

Harga terbaru untuk PS5 Disc Version kini naik menjadi Rp 9,7 juta, sedangkan PS5 Digital Version kini dijual dengan harga Rp 8,2 juta.

Sebagai perbandingan, harga SRP untuk PS5 Disc Version yang dijual di pasar Indonesia sebelumnya adalah Rp 8,8 juta dan Rp 7,3 juta untuk PS5 Digital Version.

Melalui sebuah keterangan yang disampaikan dalam blog resmi PlayStation, Jim Ryan, mengatakan bahwa kenaikan harga PS5 ini akan segera diberlakukan.

Lebih lanjut, Ryan turut menjelaskan bahwa kenaikan harga ini disebabkan oleh tantangan ekonomi global yang saat ini sedang dihadapi oleh sejumlah perusahaan dunia.

“Saat ini, kami memantau bahwa tingkat inflasi global cukup tinggi. Selain itu, nilai mata uang global juga semakin menghkawatirkan, yang tentunya berdampak pada konsumen dan tekanan pada banyak industri,” ujar Jim, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Blog PlayStation.

Pasca pengumuman kenaikkan harga, harga PS5 di Indonesia bakal disesuaikan menjadi:

  • PS5 with Ultra HD Blu-ray disc drive – Rp 9.699.000 (sebelumnya Rp 8,8 juta)
  • PS5 Digital Edition – IDR 8.199.000 (sebelumnya Rp 7,3 juta)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!