Jokowi Pamer Sukses Ambil Alih Freeport, Blok Rokan dan Mahakam dari Asing

Jokowi Pamer Sukses Ambil Alih Freeport, Blok Rokan dan Mahakam dari Asing

trendingtopic.co.id – JAKARTA, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan keberhasilan mengambil alih proyek Freeport, Blok Rokan hingga Mahakam dari perusahaan asing. Hal itu disampaikan saat HUT PDIP ke-50 di JIExpo Kemayoran.

Jokowi mengatakan. kepemilikan saham mayoritas Freeport menjadi salah satu capaian yang besar. Pasalnya, selama 50 tahun lebih dikuasai oleh perusahaan Amerika Serikat, Freeport McMoran. Karena dimiliki asing, maka keuntungan bagi Indonesia hanya sedikit, padahal sumber daya alamnya milik Indonesia.

“Beberapa aset-aset besar yang kita miliki seperti Freeport yang sudah 50 tahun dimiliki Freeport-McMoran dari Amerika telah 3 tahun ini mayoritas kita telah miliki, yaitu 51,2 persen,” kata Jokowi, Selasa (10/1/2023).

Keberhasilan itu meningkatkan pendapatan negara. Di samping itu, juga berdampak pada serapan tenaga kerja Indonesia, terutama masyarakat sekitar.

“Apa yang kita inginkan dari pengambilalihan ini adalah industrialisasi. Jangan sampai tambangnya ada di negara kita, Papua, smelternya, industrinya di Jepang, di Spanyol, kita enggak dapat apa-apa, pajak hanya dapat sedikit, royalti sedikit, deviden sedikit, lapangan kerja juga tidak dapat,” tuturnya.

Editor : Jujuk Ernawati

Follow Berita iNews di Google News

error: Content is protected !!