Jalan Keluar Ketika Menghadapi Persaingan Bisnis dengan Produk yang Sama

Jalan Keluar Ketika Menghadapi Persaingan Bisnis dengan Produk yang Sama

trendingtopic.co.id – Dunia bisnis penuh dengan persaingan atau sangat kompetitif, perusahaan baik skala kecil dan besar pasti akan memiliki pesaing. Sudah bukan lagi rahasia bahwa pada dunia bisnis ada yang mengatakan, serigala memakan serigala. Siapa yang kurang berusaha secara maksimal, akan dikalahkan produknya oleh kompetitor.

Banyak upaya agar produk tetap unggul di tengah persaingan, salah satunya adalah pengembangan produk. Menurut Tjiptono (2008), pengembangan produk merupakan strategi yang digunakan untuk produk baru, produk tersebut adalah produk orisinil, produk yang disempurnakan, dikembangkan, dan merek baru yang dikembangkan melalui riset dan pengembangan.

Jika masih bingung terkait pengembangan produk baru, mungkin pendapat ini dapat membantu. Jadi menurut Alma (2002), pengembangan produk merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pabrikan atau produsen untuk menentukan dan mengembangkan produknya, memperbaiki produk lama, menambahkan kegunaan dari produk yang sudah ada, dan mengurangi biaya produksi serta kemasannya.

Sebenarnya kita tidak asing dengan pengembangan produk, banyak perusahaan besar yang melakukan hal tersebut untuk bertahan di tengah persaingan saat ini. Contohnya adalah perusahaan smartphone android, ketika sudah muncul misalnya tipe A1 kemudian kompetitor mengeluarkan produk juga yang memiliki spesifikasi sama, dan mempengaruhi penjualan produk A1.

Maka tidak berselang lama perusahaan mengembangkan produk A1 yang memiliki kualitas dan spesifikasi di atas A1, produk tersebut bernama A2 dengan harga yang tidak jauh berbeda dari A1. Tujuan tersebut tentunya untuk mendorong penjualan, dan memiliki keunggulan dibanding kompetitor. Disisi lain akibat dari pengembangan produk tersebut, akan menyempurnakan produk, dan menambah kegunaan pada produk tersebut.

Pengembangan produk memang sudah diakui secara luas, bahwa pengembangan produk merupakan aspek yang sangat penting pada perusahaan. Banyak para ahli yang menekankan pentingnya pengembangan produk dalam menciptakan dan mempertahankan keunggulan kompetitif, memenuhi kebutuhan pelanggan, dan mendorong penjualan. Pengembangan produk melibatkan proses konseptualisasi, perancangan, pengujian, dan peluncuran produk atau layanan baru. Maka dari itu dibutuhkan pertimbangan dan kecermatan tentang tren pasar, prefensi pelanggan, kelayakan teknis produksi, dan alokasi sumber daya yang tepat. Pada proses pengembangan produk melibatkan kolaborasi antara berbagai bidang seperti, pemasran, desain, produksi, dan pemasaran.

Pengembangan produk yang efektif dapat membantu bisnis menciptaka produk yang inovatif, memiliki kualitas yang tinggi, dan berbeda dari kompetitor. Hal tersebut membantu perusahaan atau bisnis tetap unggul di tengah persaingan dan sebagai upaya tanggapan terhadap perubahan kondisi pasar dan teknologi yang baru. Pengembangan produk dapat meningkatkan portofolio produk, memperluas pasar atau basis pelanggan, dan meningkatkan profit.

error: Content is protected !!