Implementasi Strategi: Kepemimpinan dan Struktur

Implementasi Strategi: Kepemimpinan dan Struktur

trendingtopic.co.id – Implementasi Strategi adalah jumlah keseluruhan aktivitas dan pilihan yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan perencanaan strategis. Implementasi strategis merupakan proses dimana beberapa strategi dan kebijakan diubah menjadi tindakan melalui pengembangan program, anggaran dan prosedur.

Walaupun implementasi biasanya baru dipertimbangkan setelah strategi dirumuskan, akan tetapi implementasi merupakan kunci suksesnya dari manajemen strategik. Perumusan strategi dan implementasi strategi harus dilihat seperti dua sisi mata uang.

Beberapa pihak yang mengimplementasikan manajemen strategik diantaranya:
1. Direktur Fungsional (keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, atau operasi)
2. Direktur divisi atau unit basis strategis (SBU)
3. Manajer proyek
4. Manajer pabrik
5. Kepala kepala unit
6. Manajer operasional

Kepemimpian adalah tindakan pada dua bidang. Pertama adalah mengarahkan organisasi untuk menghadapi perubahan yang terjadi secara terus-menerus dan menyediakan keahlian untuk menghadapi dampak perubahan yang terus-menerus kepada manajemen. Ini berarti mengidentifikasikan dan menyediakan organisasi dengan para manager operasi yang siap menunjukkan kepemimpinan operasional dan visi yang tidak pernah ada sebelumnya. Kepemimpinan strategis berkenaan dengan penentuan arah perusahaan dengan mengembangkan dan mengkomunikasikan v memotivasi dan inspirasi para anggota organisasi untuk mengarah pada visi tersebut.

Perubahan dalam strategi sering membutuhkan perubahan struktur organisasi karena dua alasan utama. Pertama, struktur secara Juas menunjukkan bagaimana tujuan dan kebijakan dibuat dan struktur menunjukkan bagaimana sumber daya akan dialokasikan. Jika struktur organisasi berdasarkan kelompok pelanggan, sumber daya akan dialokasikan menurut pembagian tersebut. Sama halnya, jika struktur organisasi dibentuk berdasarkan lini bisnis fungsional, kemudian sumber daya dialokasikan berdasarkan area fungsional.

error: Content is protected !!