Harga Beras Naik Terus, Bapanas Paksa Bulog Keluarkan Stok Beras Impor

Harga Beras Naik Terus, Bapanas Paksa Bulog Keluarkan Stok Beras Impor

trendingtopic.co.id – JAKARTA, Harga beras nasional hari ini naik lagi. Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, beras medium dibanderol Rp12.750 per kg, sedangkan kualitas super I dijual Rp14.100 per kg.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas)/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi pun mendesak Perum Bulog untuk mengeluarkan stok beras impor sebanyak 330.000 ton.

“Harga komoditas itu kita monitor setiap hari. Hari ini yang harganya tinggi adalah beras. Jadi sejak tadi pagi pun kita paksa Bulog untuk mengeluarkan 330.000 ton,” kata dia saat peluncuran Mobil Logistik Pangan bersama Foodbank Indonesia di Jakarta, Selasa (10/1/2023).

Dia menjelaskan, dari jumlah 330.000 ton, Bapanas memberikan kuota untuk Jakarta sebanyak 2.000 ton. Beras impor tersebut sudah terdistribusi ke Pasar Beras Cipinang sebanyak 1.000 ton pagi tadi.

“Di jakarta disiapkan 2.000 ton, pagi ini tadi (sudah keluar) 1.000 ton ke Pasar Induk Beras Cipinang. Kemudian di Jawa Timur masif dilakukan di outlet-outlet,” ujarnya.

Mengingat harga beras merangkak naik, Bapanas sudah melakukan antisipasi, yakni memasukkan beras impor untuk Januari hingga Februari. Ini karena stok di dalam negeri belum cukup lantaran petani belum memasuki masa panen.

“Karena kita tahu bahwa dalam teoritikal itu keliatan. Kalau harga naik terus, itu artinya kita shortage (kekurangan). Kalau kita shortage koreksinya apa?” tuturnya.

“Koreksinya, ya kita pengadaan dari dalam negeri semampu mungkin. Kalau pengadaan dalam negeri enggak bisa, ya luar negeri. Luar negeri tapi terkawal. Nah, ini yang kita lakukan sekarang,” imbuh Arief.

Editor : Jujuk Ernawati

Follow Berita iNews di Google News

error: Content is protected !!