Gunung Merapi Erupsi, Candi Borobudur Tetap Aman Dikunjungi Wisatawan

Gunung Merapi Erupsi, Candi Borobudur Tetap Aman Dikunjungi Wisatawan

trendingtopic.co.id – Gunung Merapi kembali erupsi pada Sabtu, 11 Maret 2023. Asap panas tampak keluar dari Gunung Merap sejak pukul 12.12 WIB.

Berdasarkan pantauan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Yogyakarta, guguran asapnya dihembuskan oleh Merapi sebanyak 24 kali.Namun, asap atau abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi dipastikan tidak akan mencapai wilayah Candi Borobudur dan masih dapat dikunjungi oleh para wisatawan.“Alhamdulillah kawasan Candi Borobudur hari ini tidak terkena hujan abu Merapi sehingga para pengunjung tetap bisa menikmati keindahan Candi Borobudur ,” ujar General Manajer Unit Borobudur, Jamaludin Mawardi dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara pada Minggu, 12 Maret 2023.Jamaludin juga memastikan bahwa pengunjung masih dapat menikmati keindahan kawasan Candi bahkan naik ke monumen Candi Borobudur .

Hingga Minggu, 12 Maret 2023 pagi ini, hasil pantauan dari BPPTKG mendapati guguran awan panas Gunung Merapi pada pukul 1.00 WIB dini hari mencapai jarak luncur sejauh 1.300 meter ke Barat Daya atau mengarah ke Hulu Kali Bebeng dan Krasak.Namun, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magelang menyebut kondisi Gunung Merapi saat ini masih dalam keadaan yang aman dan kondusif. BPBD Kabupaten Magelang juga mengkonfirmasi belum ada korban jiwa akibat erupsi Merapi sejak Sabtu, 11 Maret 2023 kemarin.

error: Content is protected !!