Resmi, AS Ubah Status Cacar Monyet Jadi Darurat Kesehatan

Resmi, AS Ubah Status Cacar Monyet Jadi Darurat Kesehatan - GenPI.co
Resmi, AS Ubah Status Cacar Monyet Jadi Darurat Kesehatan. (Foto: Elements Envato)

GenPI.co – Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengubah status cacar monyet alias monkeypox menjadi kedaruratan kesehatan masyarakat.

Penetapan status baru itu dilakukan pemerintah AS seminggu setelah WHO menetapkan cacar monyet sebagai kedaruratan global.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (Health and Human Services/HHS) AS, Xavier Becerra, dalam keterangan resmi.

BACA JUGA:  Suspek Cacar Monyet di Jawa Tengah Bukan PPLN, Ini Kata Kemenkes

“Kami siap meningkatkan respons kami ke level berikutnya dalam menangani virus ini dan kami mendesak setiap warga Amerika untuk menganggap serius cacar monyet,” katanya, dilansir dari Antara, Sabtu (6/8).

Hingga Kamis, AS telah mengonfirmasi lebih dari 6.600 kasus cacar monyet atau hampir 25 persen dari total 25.800 kasus di seluruh dunia sejauh ini.

BACA JUGA:  AS Darurat Cacar Monyet, Kasus Tembus 5 Ribu, Pemerintah Siaga

Status kedaruratan kesehatan masyarakat dapat memungkinkan pendanaan hibah dan membuka lebih banyak sumber daya untuk berbagai aspek respons federal.

Hal itu juga memungkinkan sekretaris HHS menandatangani kontrak untuk pengobatan serta suplai dan peralatan medis lain yang diperlukan, mendukung layanan rumah sakit darurat, dan sebagainya.

BACA JUGA:  Kasus Cacar Monyet di Tokyo, WNI di Jepang Diminta Waspada

Becerra mengatakan New York, California, dan Illinois menjadi negara bagian dengan jumlah kasus cacar monyet terkonfirmasi tertinggi di AS.

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.

Tinggalkan komentar