Daftar Paspor Terkuat di Dunia 2023, Indonesia Nomor Berapa?

Daftar Paspor Terkuat di Dunia 2023, Indonesia Nomor Berapa?

trendingtopic.co.id – Sejumlah negara di Asia masih menduduki posisi puncak dalam daftar paspor terkuat di dunia 2023. Mereka adalah Jepang, Singapura dan Korea Selatan.

Laporan triwulan terbaru yang dirilis konsultan kewarganegaraan dan tempat tinggal, Global Henley, & Partners, mengungkapkan trio Asia itu menawarkan kebebasan bebas visa global yang lebih besar dari pada negara lain.

Warga negara Jepang menikmati akses bebas visa ke 193 tujuan di seluruh dunia. Menyusul Jepang, ada Singapura dan Korea Selatan yang warganya dapat dengan bebas mengunjungi 192 negara tanpa visa.

Di bawah tiga besar Asia, ada pula sejumlah negara di Eropa yang mendominasi dalam hal kekuatan paspor. Tercatat, Jerman dan Spanyol ada di posisi imbang dengan peringkat 190. Kemudian menyusul peringkat selanjutnya adalah pemegang paspor Finlandia, Italia dan Luksemburg yang bisa bebas masuk 189 negara tanpa visa.

Perlu dicatat, Indeks Henley & Partner hanya satu dari sejumlah indeks lain yang memeringkat kekuatan paspor global.

Indeks Paspor Henley memeringkat 199 paspor menurut jumlah tujuan yang dapat diakses pemegangnya tanpa visa. Indeks diperbarui secara real time sepanjang tahun, saat dan ketika perubahan kebijakan visa mulai berlaku.

Indeks Paspor Arton Capital mempertimbangkan paspor dari 193 negara anggota PBB dan enam wilayah — ROC Taiwan, Makau (SAR China), Hong Kong (SAR China), Kosovo, Wilayah Palestina, dan Vatikan. Wilayah yang dianeksasi ke negara lain dikecualikan.

Indeks Paspor Arton Capital juga diperbarui secara real time sepanjang tahun, namun datanya dikumpulkan dengan pemantauan ketat portal masing-masing pemerintah.

“[Paspor] adalah alat untuk bepergian yang memberikan informasi akurat dan mudah diakses untuk kebutuhan perjalanan mereka,” kata pendiri Arton Capital Armand Arton, dikutip CNN Internasional.

Arton’s Global Passport Power Rank 2023 menempatkan Uni Emirat Arab di posisi teratas, dengan skor bebas visa/visa-on-arrival 181.

Adapun peringkat kedua dipegang oleh 11 negara yang sebagian besar berada di Eropa: Jerman, Swedia, Finlandia, Luksemburg, Spanyol, Prancis, Italia, Belanda, Austria, Swiss, dan Korea Selatan.

1. Jepang (193 tujuan)

2. Singapura, Korea Selatan (192 tujuan)

3. Jerman, Spanyol (190 tujuan)

4. Finlandia, Italia, Luksemburg (189 tujuan)

5. Austria, Denmark, Belanda, Swedia (188 tujuan)

6. Prancis, Irlandia, Portugal, Inggris Raya (187 tujuan)

7. Belgia, Selandia Baru, Norwegia, Swiss, Amerika Serikat, Republik Ceko (186 tujuan)

8. Australia, Kanada, Yunani, Malta (185 tujuan)

9. Hongaria, Polandia (184 tujuan)

10. Lituania, Slovakia (183 tujuan)

Beberapa negara di dunia hanya memiliki akses bebas visa ke 40 negara atau bahkan kurang dari jumlah itu, diantaranya:

102. Korea Utara (40 tujuan)

103. Nepal, wilayah Palestina (38 tujuan)

104. Somalia (35 tujuan)

105. Yaman (34 tujuan)

106. Pakistan (32 tujuan)

107. Suriah (30 tujuan)

108. Irak (29 tujuan)

109. Afganistan (27 tujuan)

Menurut Indeks Henley & Partner, Indonesia ada di urutan ke-75 dalam daftar paspor terkuat di dunia pada 2023. Indonesia berbagi tempat dengan Zambia, sebuah negara di Afrika, yang juga berada di posisi 75.

Pemegang paspor Indonesia dan Zambia sama-sama hanya memiliki akses bebas masuk ke 71 destinasi negara.

Jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia, posisi Indonesia tertinggal jauh. Negeri jiran itu menempati rangking 14 dalam daftar karena penduduknya bisa bebas masuk ke 179 negara lain.

Paspor Malaysia bahkan mengalahkan sejumlah paspor negara Eropa lain seperti Kroasia dan Monako.

error: Content is protected !!