Cara Cek NISN dan NPSN Online buat Registrasi Akun SNPMB 2023

Cara Cek NISN dan NPSN Online buat Registrasi Akun SNPMB 2023

trendingtopic.co.id – Rangkaian SNPMB (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru) mulai berjalan. Saat ini, prosesnya sampai pada tahap uji coba registrasi akun SNPMB , yang diselenggarakan hingga 7 Januari 2023, pukul 15.00 WIB.

Untuk diketahui, akun SNPMB sendiri dibutuhkan siswa SMA/SMK agar nanti bisa mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri lewat jalur SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) atau SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes).

Uji coba registrasi akun SNPMB perlu dilakukan siswa supaya nanti tak kebingungan saat pendaftaran tetapnya dibuka. Registrasi akun SNPMB secara tetap untuk siswa dijadwalkan bakal digelar pada 16 Januari hingga 15 Februari 2023.

Baik saat uji coba maupun final, registrasi akun SNPBM membutuhkan dua data, yaitu NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional). Kedua data itu bisa diketahui siswa secara online.

Bila hendak registrasi akun SNPMB, lalu bagaimana cek NISN online? Untuk cek NISN, caranya bisa melalui website Kemdikbud (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi). Penjelasan cara cek NISN bisa dibaca lebih lanjut di bawah ini.

Cara cek NISN

  • Kunjungi link cek NISN dari website Kemdikbud ini .
  • Setelah website terbuka, pilih menu “Pencarian Nama”.
  • Masukkan beberapa data diri siswa, seperti nama, tempat lahir, tanggal lahir, dan nama ibu. Terakhir, klik opsi “Cari Data” dan data NISN dari siswa terkait bakal muncul.

Itulah cara cek NISN. Seandainya cara cek NISN demikian, lantas bagaimana cara cek NPSN ? Cek NPSN bisa dilakukan juga secara online lewat website Kemdikbud, tetapi beda alamat yang dituju.

Bila cek NISN dilakukan di “nisn.data.kemdikbud.go.id” maka cek NPSN dilakukan di alamat yang berbeda, yaitu “dapo.kemdikbud.go.id”. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara cek NPSN di “dapo.kemdikbud.go.id”.

Cara cek NPSN

  • Kunjungi link cek NPSN dari website Kemdikbud ini .
  • Setelah itu, klik menu “Data Pokok” dan pilih opsi “Pencarian”.
  • Pada kolom pencarian, masukkan nama sekolah tempat belajar siswa terkait.
  • Kemudian, klik opsi “Tampilkan” dan data NPSN dari sekolah siswa bakal ditampilkan.

Cukup mudah bukan cara cek NPSN? Data NISN dan NPSN yang telah didapat hendaknya dicatat dan disimpan dengan baik. Dengan begitu, saat registrasi akun SPNMB tiba, siswa tak perlu repot untuk mencari lagi NISN dan NPSN.

Sebagai informasi tambahan, setelah proses uji coba yang tengah digelar saat ini selesai, akun terdaftar bakal dihapus dan dikosongkan oleh sistem. Jadi, siswa nanti tetap perlu registrasi akun SPNMB kembali pada waktu yang telah dijadwalkan.

Informasi yang lebih lengkap mengenai prosedur pelaksanaan SNPMB bisa diakses melalui laman resmi Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan yang beralamatkan di .

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!