9 Ide Bisnis Ini Pas Dicoba di Musim Hujan

9 Ide Bisnis Ini Pas Dicoba di Musim Hujan

trendingtopic.co.id – :

1. Jual Jas Hujan dan Payung

Ide bisnis yang cocok dijalani di musim hujan, apa lagi kalau bukan berjualan jas hujan dan payung? Ya, kedua barang tersebut menjadi kebutuhan utama dan penting untuk dipenuhi selama melewati musim hujan, khususnya bagi yang sering beraktivitas di luar ruang dan bepergian.

Ketika intensitas hujan sedang tinggi, tidak ada yang tahu dengan pasti kapan hujan akan turun. Karenanya, untuk berjaga-jaga saat berencana untuk pergi ke luar, jas hujan dan payung menjadi hal yang tak boleh sampai dilewatkan.

Oleh karena itu, bisnis ini bisa dibilang menjanjikan dan memiliki peluang menghasilkan cuan yang cukup besar. Agar lebih menarik, jual produk jas hujan dan payung yang dapat mencuri perhatian dengan berbagai pilihan model, ukuran, dan warna.

2. Alas Kaki Waterproof

Selain jas hujan dan payung, alas kaki waterproof atau tahan air juga menjadi produk yang banyak dicari di musim hujan. Alas kaki jenis ini tentu sangat berguna saat menjalani aktivitas outdoor ketika hujan.

Beberapa contoh alas kaki anti air ini bisa sekadar sandal jepit, ataupun sepatu khusus yang dijual dengan model dan ukuran bervariasi.

3. Pakaian Hangat

Musim hujan identik dengan cuaca yang dingin dan lembap. Mengetahui hal tersebut, bisnis menjual pakaian hangat tentu bisa menjadi ide yang brilian untuk dijalani pada musim tersebut.

Yang terpenting, sesuaikan model, warna, dan jenis pakaian hangat yang akan dijual dengan tren yang cocok serta sesuai target konsumen bisnis Anda agar produk yang dijajakan laris manis di pasaran.

4. Cuci Kendaraan

Saat musim hujan, jalanan sudah pasti akan sering dipenuhi dengan genangan air dan lumpur yang kotor, sehingga potensi kendaraan untuk menjadi kotor akan lebih tinggi dan membuat peluang meraup cuan dari bisnis cuci kendaraan ikut melonjak.

Di momen seperti inilah kesempatan membuka bisnis cuci kendaraan bisa dimulai karena pasti akan mampu memberi potensi keuntungan menjanjikan.

5. Jasa Laundry

Tidak hanya cuci kendaraan, jasa laundry atau cuci pakaian juga menjadi salah satu ide bisnis yang layak untuk dipilih di musim hujan. Alasannya sederhana, yaitu intensitas sinar matahari yang minim membuat banyak orang enggan mencuci baju sendiri karena akan rawan menimbulkan bau apek.

Alternatifnya, mereka akan menggunakan jasa laundry dan membuat pemilik bisnis tersebut kebanjiran pesanan.

6. Tanaman Pengusir Hama

Hal lain yang juga sering menjadi masalah di musim hujan adalah banyaknya hama mengganggu seperti nyamuk. Salah satu alternatif yang bisa dipilih untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menempatkan tanaman pengusir hama atau nyamuk di rumah dan membuat bisnis tanaman tersebut menjanjikan.

Beberapa contoh jenis tanaman pengusir nyamuk yang banyak dicari di musim hujan adalah lavender, serai wangi, rosemary, dan sebagainya. Tanaman ini juga bisa dijadikan pewangi ruangan Anda.

7. Makanan Berkuah

Beralih ke bisnis kuliner, makanan berkuah kerap dijadikan pilihan oleh masyarakat untuk mengisi perut di musim hujan. Hal ini dikarenakan makanan tersebut tak hanya mengenyangkan, tapi juga mampu menghangatkan badan dari dinginnya cuaca akibat intensitas hujan yang tinggi.

Karenanya, bisnis kuliner seperti, bakso, soto, seblak, sop daging, dan semacamnya jauh lebih laris ketimbang jenis makanan lain yang tak berkuah.

8. Minuman Hangat

Selaras dengan ide bisnis sebelumnya, minuman hangat juga bisa dijadikan sebagai opsi membuka usaha yang potensial di musim hujan. Dengan alasan yang sama, minuman hangat mampu menghilangkan hawa dingin akibat hujan dan membuat penikmatnya lebih segar.

Bila memungkinkan, pilih jenis minuman hangat yang sekaligus bisa menjadi sumber nutrisi bagi tubuh, seperti, STMJ (Susu Telur Madu Jahe), bandrek, jamu tradisional, dan semacamnya, karena dijamin pasti bakal ada banyak peminatnya.

9. Jajanan Ringan atau Camilan

Terakhir, ide bisnis dengan daya jual tak kalah tingginya di musim hujan adalah menjual jajanan ringan atau camilan. Umumnya, ketika sedang hujan, kebanyakan orang lebih gampang lapar, sehingga mulutnya ingin terus mengecap. Nah, sebagai alternatif menjual makanan berat, jajanan ringan ini bisa dijadikan ide bisnis pilihan di musim hujan.

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Kompas.com dengan Cermati.com . Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Cermati.com

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat . Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales sekarang.

error: Content is protected !!