5 Negara Ini Paling Mudah Kasih Visa Digital Nomad, Bisa WFA!

5 Negara Ini Paling Mudah Kasih Visa Digital Nomad, Bisa WFA!

trendingtopic.co.id – Pandemi Covid-19 telah memunculkan norma serta kebiasaan baru dalam dunia kerja, salah satunya Work From Anywhere (WFA) alias bisa bekerja dari mana saja. Kalau kantor memberikan kelonggaran WFA, Anda mungkin tertarik menjadi digital nomad di luar negeri.

Untungnya, saat ini sudah banyak negara yang menerbitkan dan memperkenalkan visa digital nomad, termasuk Kroasia, Republik Ceko, Taiwan, dan Dubai. Singkatnya, visa digital nomad adalah izin yang memungkinkan Anda bekerja dari jarak jauh di negara asing tanpa harus membayar pajak.

Jika Anda seorang digital nomad, penggemar travelling, atau sedang mencari pengalaman bekerja secara remote di luar negeri, berikut lima negara yang bisa menjadi pilihan yang tepat tahun 2023:

Kolombia menawarkan salah satu visa digital nomad termudah di dunia. Anda hanya perlu menunjukkan bukti penghasilan sebesar US$684 (Rp 10 juta) per bulan dan membayar biaya pendaftaran US$52 (Rp 810 ribu).

Visa yang berlaku selama 2 tahun ini memberi Anda banyak waktu untuk menjelajahi semua yang ada di Kolombia, dari MedellĂ­n, pusat digital nomad yang dikenal sebagai “Kota Musim Semi Abadi” hingga Cartagena yang penuh warna hingga Valle del Cocora yang indah.

Negara Amerika Selatan lainnya yang menawarkan visa digital nomad yang mudah adalah Ekuador. Mirip dengan Kolombia, visa ini berlaku hingga 2 tahun.

Visa digital nomad Ekuador memiliki ambang pendapatan dan biaya aplikasi yang sedikit lebih tinggi daripada Kolombia, tetapi masih sangat terjangkau bagi banyak orang asing yang berasal dari negara-negara seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris Raya.

Untuk mengajukan visa digital nomad di Ekuador, Anda harus berpenghasilan setidaknya US$1.284 (Rp 20 juta) per bulan dan membayar biaya pendaftaran US$460 (Rp 7,1 juta).

Negara ini menawarkan visa digital nomad yang bagus untuk pekerja jarak jauh yang ingin tinggal dan bekerja di Eropa bagian timur. Visa ini berlaku untuk satu tahun dan dapat diperpanjang untuk satu tahun tambahan.

Anda harus menunjukkan bukti penghasilan sebesar US$2.048 (Rp 31 juta) per bulan, dan membayar biaya pendaftaran sebesar US$112 (Rp 1,7 juta).

Dengan biaya hidup yang rendah di Kota Budapest dibandingkan dengan ibu kota Eropa lainnya, Anda dapat menikmati kehidupan yang menyenangkan dengan uang lebih sedikit di Hungaria.

Salah satu visa pengembara digital terbaik lainnya di Eropa ditawarkan oleh Kroasia. Negara ini dinobatkan sebagai pusat digital nomad teratas tahun 2023.

Kroasia sendiri setiap tahunnya berhasil menarik jutaan turis karena pulau dan pantainya yang indah, taman nasional yang menakjubkan, dan kota bersejarah yang menawan seperti Dubrovnik.

Visa digital nomad Kroasia mensyaratkan bahwa Anda telah memperoleh setidaknya US$2.465 (Rp38 juta) sebulan selama enam bulan terakhir, atau Anda memiliki setidaknya US$29.588 (Rp461 juta) di rekening bank Anda.

Visa ini berlaku untuk satu tahun.

Terakhir, Kosta Rika menawarkan visa digital nomad yang menarik dan sangat mudah untuk diajukan.

Negara ini adalah tujuan utama turis di Amerika Tengah, karena memiliki pantai yang indah, hutan yang rimbun, margasatwa serta keanekaragaman hayati yang melimpah.

Visa digital nomad di Costa Rica mengharuskan Anda memperoleh setidaknya US$3.000 (Rp 46 juta) per bulan.

error: Content is protected !!