5 Manfaat Biji Soba bagi Kesehatan, Cocok Dikonsumsi Orang yang Diet Bebas Gluten

5 Manfaat Biji Soba bagi Kesehatan, Cocok Dikonsumsi Orang yang Diet Bebas Gluten

trendingtopic.co.id – Menjalankan diet bebas gluten memang cukup menantang, namun biji soba dan biji -bijian lainnya bisa menjadi bahan makanan dan minuman pengganti yang mampu meringankan berbagai masalah kesehatan.

Umumnya, biji soba digunakan dalam pembuatan roti dan diketahui bahwa minuman yang berasal dari biji soba juga bisa menjadi alternatif yang menyegarkan.

The soba atau yang dikenal dengan Sobacha (bahasa Jepang) dapat dibuat dengan menyeduh biji soba panggang selama 3-4 menit di dalam air mendidih dengan kondisi api yang sudah dimatikan.

Soba merupakan tanaman pseudocereal yang membawa banyak kualitas sereal, tetapi sama sekali bukan bagian dari spesies sereal.

Memiliki kemiripan dengan gandum, biji soba sering digunakan sebagai bagian dalam pembuatan roti maupun pasta.

Diproduksi dari biji tanaman, teh soba di konsumsi sebagai minuman alami bagi kesehatan dengan menghasilkan rasa yang ringan dan halus.

Beberapa penelitian menunjukkan beberapa manfaat dari biji soba yaitu mampu menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan pembuluh darah, dan mengurangi kolesterol darah.

Penelitian awal tentang teh soba menjanjikan dan menunjukkan bahwa nutrisi dan bahan kimia dalam teh dapat berfungsi sebagai suplemen nutrisi.

Dilansir Pikiran-rakyat.com dari Stle Craze, berikut beberapa manfaat yang didapatkan dengan mengkonsumsi teh soba.

1. Mengobati dan Mencegah Edema

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Pharmacology, teh soba sangat efektif dalam mengobati pembengkakan edema yang disebabkan karena Insufisiensi Vena Kronis.

2. Memiliki Manfaat Kardiovaskular yang Signifikan

Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan asupan soba dapat menurunkan penanda risiko penyakit kardiovaskular, seperti glukosa, kolesterol total, dan trigliserida.

3. Mengurangi Glukosa Darah

Sebuah penelitian menyatakan bahwa teh soba atau konsentrat mengurangi kadar glukosa darah pada masalah kesehatan diabetes.Selain itu mengonsumsi soba dapat menurunkan risiko hiperglikemia, atau glukosa darah tinggi.

4. Meningkatkan Fungsi Ovulasi

Berdasarkan penelitian, biji soba dan biji -bijian sarat dengan D-Chiro-Inositol mampu meningkatkan aksi insulin pada pasien yang menderita sindrom ovarium polikistik.

Dengan demikian, dapat berkontribusi untuk meningkatkan fungsi ovulasi, mengurangi tingkat tekanan darah, mengurangi konsentrasi androgen serum dan trigliserida plasma.

5. Melindungi dari Kanker dan Penyakit Jantung

Fitonutrien yang ada dalam sereal dan biji -bijian utuh seperti soba sangat membantu dalam meningkatkan pencernaan dan beberapa jenis masalah lambung dan kantong empedu.

Tanaman soba mengandung lignan sejenis senyawa ramah usus yang diubah menjadi lignan mamalia seperti enterolactone, yang dikenal untuk melindungi tubuh terhadap kanker.

Meskipun kandungan lignan dalam minuman seperti teh Soba atau kopi relatif rendah, asupan rutinnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan melawan kanker tubuh dan mencegah masalah jantung.***

error: Content is protected !!